Jumat, 06 Januari 2012

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

ISD meliputi dua kelompok utama, yaitu studi manusia dan studi lembaga-lembaga sosial yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran studi ISD adalah aspek-aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya.
Materi ISD terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pembelajaran ISD dapat dibedakan atas tiga golongan, yaitu :
·        Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial karena adanya perbedaan latarbelakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
·        Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dibahas dalam IPS.
·        Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

sumber: http://amorezkyhartami.blogspot.com/2011/02/ilmu-sosial-dasar-dan-ilmu-pengetahuan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar