Jumat, 06 Januari 2012

Orientasi Nilai Budaya

Menurut C. Kluckhon dalam karyanya Variations in Value Orientation sistem nilai udaya secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia,yaitu :
·                    Hakekat Hidup Manusia, hidup setiap kebudayaan berbeda secara exstern. Seperti berusaha memadamkan hidup, menganggap kelakuan hidup tertentu sebagai suatu hal yang baik.
·                    Hakekat Karya Manusia, kebudayaan hakekatnya berbeda-beda ada yang bertujuan untuk hidup, dan lain sebagainya.
·                    Hakekat Waktu Manusia, hakekat waktu setiap budaya berbeda, ada yang mementingkan orientasi masa lampau dan mementingkan orientasi masa kini.
·                    Hakekat Alam Manusia, manusia memiliki anggapan yang berbeda, ada yang beranggapan kebudayaan harus mengeksploitasi alam dan ada pula yang beranggap manusia harus harmonis dengan alam.
·                    Hakekat Hubungan Manusia, mementingkan hubungan antar sesamanya dan orientasi pada tokoh, yang berpandanga individualis ditinggalkan saja.

sumber: http://yanezzcihuy.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar